Purba, Jermy Jose (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TGT( TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN(PDTM) PADA SISWA KELAS X TP SMK MULTI KARYA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5113321015.COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13.NIM.5113321015.LEMBAR PLAGIAT DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
2.NIM.513321015.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3.NIM.513321015.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4.NIM.513321015.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5.NIM.5113321015.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6.NIM.513321015.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7.NIM.5113321015. BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
11.NIM.513321015.BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
12.NIM.513321015. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar
siswa pada standart kompetensi Pengetahuan Dasat Teknik Mesin (PDTM)
dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pembelajaran
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi yang
sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I sebelum
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil belajar yang
diperoleh sebanyak 22 siswa (62.86%) yang tuntas belajar dengan memperoleh
nilai ≥ 70. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang cukup signifikan
yaitu hasil belajar yang diperoleh sebesar 71.43% atau sebanyak 25 siswa yang
tuntas belajar dengan memperoleh nilai ≥ 70. Kemudian peningkatan yang
signifikan juga ditunjukkan pada siklus III yaitu hasil belajar yang diperoleh
sebesar 80% atau sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar dengan memperoleh nilai
≥ 70. Disamping itu kemampuan tingkat penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran terjadi peningkatan yang belum kompeten menjadi kompeten sebanyak
6 siswa (17.14%) yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus III. Berdasarkan
perolehan nilai siswa yaitu sebanyak 28 orang (80%) pada siklus III sudah
memperoleh nilai ≥ 70, ini berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang
ditetapkan secara klasikal yaitu 75% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Pembelajaran
menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe TGT secara optimal dengan
strategi yang tepat juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kemampuan
dalam diskusi kelompok mengalami kemajauan. Hal ini dapat dilihat dari sudah
mulai terbiasanya siswa belajar dalam kelompok. Dari hasil observasi
memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya
rata – rata 60% menjadi 71,43% pada siklus II dan menjadi 74,29% pada siklus
III. Peningkatannya sebesar % dari siklus I ke siklus II dan peningkatan sebesar ...
% dari siklus II ke siklus III. Hal ini menunjukan bahwa belajar dengan
menggunakan media, khususnya model pembelajaran cooperatif tipe TGT dapat
menuntun siswa lebih aktif dan kreatif serta menambah semangat belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 083 |
Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT;Meningkatkan hasil belajar; siswa pengetahuan dasar teknik mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 10:16 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 10:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21680 |