Sembiring, Andre (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113342002_Cover.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 5113342002_SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 5113342002_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 5113342002_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
5. NIM. 5113342002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 5113342002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM. 5113342002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8. NIM. 5113342002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. NIM. 5113342002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
10. NIM. 5113342002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
11. NIM. 5113342002_BAB I.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
15. NIM. 5113342002_BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
16. NIM. 5113342002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemandirian Belajar (2) Hasil
Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan (3) Hubungan kemandirian belajar dengan
hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1
berastagi dan jumlah responden 55 orang. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik total sampling yaitu mengambil semua populasi sebagai sampel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Data variabel
kemandirian belajar di jaring dengan menggunakan angket, dan hasil belajar mata
pelajaran kewirausahaan siswa di jaring dengan menggunakan daftar kumpulan nilai.
Hasil uji kecenderungan dari variabel kemandirian belajar siswa sebesar 76,36%
berada dalam kategori cenderung cukup, sedangkan untuk variabel hasil belajar mata
pelajaran kewirausahaan siswa sebesar 50,91% berada dalam kategori cenderung
cukup dengan Mi sebesar 95 dan Sdi sebesar 19. Berdasarkan hasil uji normalitas
diperoleh kemandirian belajar dengan Lhitung 0,079 dan Ltabel 0,1194 dan pada hasil
be.lajar mata pelajaran kewirausahaan diperoleh Lhitung -0,1157 dan Ltabel 0,1194
sehingga dapat disimpulkan bahawa kedua variabel berdistribusi normal. Untuk uji
hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan kemandirian belajar dengan hasil
belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa” digunakan analisis kolerasi product
moment. Dari analisis tersebut diperoleh rxy sebesar 0,439. Dengan demikian harga
rxy > rtabel yaitu 0,439 > 0,266. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat
hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran
kewirausahaan siswa di SMK Negeri 1 Berastagi atau hipotesis penelitian yang
diajukan diterima pada taraf signifikansi = 0,05. Sumbangan kemandirian belajar
dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dideterminasikan dengan rxy
2
sebesar 19,27%, artinya hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan ditentukan oleh
kemandirian belajar sedangkan 80,73% dipengaruhi oleh variabel lainnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 059 |
Keywords: | Kemandirian;Hasil belajar;Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 04:18 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21671 |