Nainggolan, Aditya Hasiani (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL DARI SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123331002 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
02. NIM 5123331002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
03. NIM 5123331002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
04. NIM 5123331002 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
05. NIM 5123331002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. NIM 5123331002 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
07. NIM 5123331002 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
08. NIM 5123331002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
12. NIM 5123331002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM 5123331002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-learning Berbasis Schoology terhadap hasil belajar Simulasi Digital Dari Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TKJ 3 dan kelas X TKJ 3 yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas X TKJ 2 (14,8) dengan standar deviasi 6,92 dan skor rata-rata di kelas control (16,96) dengan standar deviasi 7,20. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas X TKJ 2 diajarkan dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran e-learning berbasis schoology dan kelas X TKJ 3 diajar dengan pembelajaran menggunakan pembelajarn Ekspositori dengan powerpoint. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas X TKJ 2 (23,63) dengan standar deviasi 6,92 dan kelas X TKJ 3 (19,1) dengan standar deviasi 6,02. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 8,37 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel (8,37 > 1,67). Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran E-learning berbasis Schoology lebih tinggi dari hasil belajar Simulasi Digital dari siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori menggunakan powerpoint pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 048 |
Keywords: | Hasil belajar; Simulasi digital; Model pembelajaran; Media pembelajaran; Pembelajaran e-learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:56 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21666 |