Susanto, Himawan (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X SMK TARUNA TEKNO NUSATARA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM 509331019 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
02. NIM 509331019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
03.NIM 509331019 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
04.NIM 509331019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
05.NIM 509331019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06.NIM 509331019 TABLE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
07.NIM 509331019 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08.NIM 509331019 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
09.NIM 509331019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13.NIM 509331019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14.NIM 509331019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Mata diklat Elektronika Analog dan Digital yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X Teknik Rekayasa Perangkat Lunak SMK Taruna Tekno Nusantara Medan T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Taruna Tekno Nusantara Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X RPL 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen 2, yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen 1 diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan kelas eksperimen 2 diajar dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (22,2) dengan standar deviasi 2,21 dan kelas eksperimen 2 (15,16) dengan standar deviasi 2,68. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 11,12 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) memberikan hasil belajar pada pelajaran Elektronika Analog dan Digital yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X RPL SMK Taruna Tekno Nusantara Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 060 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Team game tournament; Problem based learning; Hasil belajar; Elektronika analog dan digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:09 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21651 |