Simamora, Djamiandar (2004) PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN MOTIVASI BEPERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEMESTER 1 SLTP NEGERI 18 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
015020006 Pengantar.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
015020006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
015020006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
015020006 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015020006 Bab V.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
015020006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penetitian ini bertujuan untuk mengungkap secara empirik, yaitu (1) ada perbedaan hasil belajar fisika, siswa yang diberikan umpan balik dengan penjelasan dibandingkan dengan siswa yang diberikan umpan batik dengan simbol (2) ada perbedaan hasil belajar fisika, siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) ada interaksi antara pemberian umpan batik dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi basil belajar fisikaPenelitian dilakukan pada siswa semester I SLTP Negeri 18 Kota Medan Tabun Ajaran 2003/2004 dengan populasi berjumlah 595 orang (15 kelas), dengan sampel penelitian berjumlah 78 orang (2 kelas). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel acak. Untuk memperoleh data digunakan tes motivasi berprestasi dan tes hash belajar fisika. Sebelum tes digunakan tertebih dahulu diujieobakan. Untuk ujicoba tes motivasi berprestasi, validitas diuji dengan rumus korelasi produk momen, dan reliabilitas diuji dengan rumus alpha. Ujicoba tes hasil belajar fisika dilakukan untuk melihat tingkat kesukaran Jaya pembeda. Dan selanjutnya validitas diuji untuk hash belajar fisika dengan rumus korelasi produk momen, sedangkan reliabilitas diuji dengan rumus Spearman Brown.Normalitas sebaran kelompok subjek diuji dengan uji Lilliefors dan homogenitas sebaran kelompok subjek diuji dengan uji F. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis variansi faktorial 2 x 2, sebelum data dianalisis tertebih dahulu dilakukan uji persyaratan ANAVA yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkati: (1) ada perbedaan basil belajar f sika, siswa yang diberikan umpan batik dengan penjelasan dibandingkan dengan siswa yang diberikan umpan balik dengan simbol (Fhitung= 12,62> Ftabel= 4,13 pada taraf signifikansi 0,05), (2) ada perbedaan hasil belajar fisika, siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (Fhitung = 110,87 > Ftabel= 4,13 pada. taraf signifikansi 0,05), (3) tidak ada interaksi antara umpan batik dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar (Fintung = 0,24< Ftabel = 4,13).Hasil penelitian memberikan implikasi perlu adanya sosialisasi kepada pengelola pendidikan bahwa: (1) umpan balik dengan penjelasan dapat meningkatkan hasil belajar fisika, (2) tinggi rendahnya motivasi berprestasi mempengaruhi hasil belajar fisika, dapat menjadi pegangan bagi guru untuk meningkatkan basil belajar siswa, (3) belajar merupakan peristiwa yang kompleks. Proses belajar yang terjadi pada diri subjek sangat sukar menyimpulkan dan tidak ada satupun metode pembelajaran yang cocok untuk semua karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.154 Sim p |
Keywords: | Motivasi berprestasi; Hasil Belajar Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2165 |