Nifa, Tio (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAWET BAHAN MAKANAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 5103342037 TIO NIFA P. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5.1. NIM. 5103342037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5.2. NIM. 5103342037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
10. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. NIM. 5103342037 TIO NIFA P. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang
menggunakan media pembelajaran Powerpoint pada pada materi Pengawet Bahan
Makanan: (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
Powerpoint pada pada materi Pengawet Bahan Makanan: (3) Pengaruh
penggunakan media pembelajaran Powerpoint terhadap hasil belajar pada materi
pengawet bahan makanan. Desain Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi
penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Berastagi. Penetuan kelas dilakukan
secara total sampeling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas yaitu X-1 TPHP yang
berjumlah 37 orang dan kelas X-2 TPHP berjumlah 36 orang sehingga total
sampel berjumlah 73 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji
normalitas menggunakan chi-kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar
pengwet bahan makanan yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint
termasuk kategori cenderung tinggi dengan jumlah persentase 52, 8 persen dan
tingkat kecenderungan hasil belajar pengwet bahan makanan yang tidak
menggunakan media pembelajaran Powerpoint termasuk kategori cenderung
cukup dengan jumlah persentase 70,3 persen. Hasil belajar uji normalitas dari
kedua kelas berdistribusi normal. Dengan nilai kelas eksperimen (Lhitung = 0,128 <
Ltabel = 0,148), kelas kontrol (Lhitung = 0, 0,09 < Ltabel = 0,146). Berdasarkan hasil
uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel ( 6, 486 > 1,668). Dengan demikian,
bahwa hasil belajar siswa pada Pengawet Bahan Makanan dengan menggunakan
media pembelajaran Powerpoint lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa
yang tidak diajarkan menggunakan media powerpoint
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 071 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Power Point; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:03 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21648 |