Siahaan, Rinto Halomoan Fernando (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509131034 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
02. NIM 509131034 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
03. NIM 5122131003 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
04 NIM 5122131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
05. NIM 5122131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. NIM 509131034 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
07. NIM 509131034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
11. NIM 509131034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
12. NIM 509131034 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Dasar-dasar Elektronika kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel total (Total Sampling) dan untuk kelompok perlakuan dipilih dengan cara mengundi yaitu kelompok perlakuan dengan strategi pembelajaran Think Pair Share sebanyak 31 orang dan kelompok perlakuan dengan strategi pembelajaran Ekspositori sebanyak 31 orang. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes hasil belajar Dasar-dasar Elektronika, dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t satu pihak pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar Dasar-dasar Elektronika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Pair Share adalah 21,84 dengan tingkat kecenderungan belajar tinggi dan rata-rata hasil belajar Dasar-dasar Elektronika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori adalah 19,42 dengan tingkat kecenderungan belajar tinggi. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Dasar-dasar Elektronika yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Think Pair Share adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,111 < LTabel 0,159 dan data hasil belajar Dasar-dasar Elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,119 < LTabel 0,159 dan kedua varians data adalah Homogen karena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Dasar-dasar Elektronika kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan nilai tHitung 3,82 > tTabel 1,70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 064 |
Keywords: | Hasil belajar; Dasar dasar elektronika; Strategi pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Think pair share |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 02:32 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21645 |