Lubis, Muhammad Syakban (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI KELAS XI AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509131026 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 509131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
3. NIM. 509131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 509131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM. 509131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 509131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 509131026 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 509131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 509131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13. NIM. 509131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 509131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menerapkan dasar dasar elektronika pada kompetensi dasar mereparasi power suplay yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan strategi pembelajaran langsung (direct instructions) siswa kelas XI Program Keahlian audio video SMK Negeri 2 padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI pada program keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 padangsidimpuan tahun 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas AV1 dan AV 2, AV 1 = 27 orang dan AV2 = 27. Penarikan sampel pada penelitian ini ditentukan secara purposif sehingga diperoleh 27 orang untuk kelas eksperimen dan 27 untuk kelas kontrol.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas tes, indeks kesukaran tes, reliabilitas tes, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian kemagnetan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kompleks memiliki skor rata-rata 23,74 sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung memiliki skor rata-rata 20,70. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) pada kompetensi dasar mereparasi power suplay di kelas XI SMK Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/ 2016, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 7,159 > 1,706. Dari hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa strategipembelajaran memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian agar guru-guru di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan menggunakan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam mencapai kompetensi yang akan dicapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 055 |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Dasar dasar elektronika; Quantum teaching; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 02:26 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21643 |