Ginitng, Dewi Cahaya Novitarini (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI METODE PENGGORENGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPHP SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 509142008 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 509142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 509142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 509142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 509142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 509142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 509142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 509142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 509142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
13. NIM. 509142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 509142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode
penggorengan. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model
pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (3)
Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Direct Instruction
terhadap hasil belajar pada materi metode penggorengan. Desain penelitian ini
adalah quasi experimen. Lokasi penelitian dilaksanakan si SMK Negeri 1
Berastagi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap. Penentuan kelas
dilakukan secara total sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI
TPHP 1 yang berjumlah 29 orang dan kelas XI TPHP 2 yang berjumlah 29 orang
sehingga total sampel berjumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji
normalitas menggunakan liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar
metode penggorengan yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction
termasuk kategori cenderung tinggi dengan rata-rata sebesar 82,03 dan tingkat
kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran
Direct Instruction cenderung cukup dengan rata-rata sebesar 60,62. Uji normalitas
dari kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil hipotesis dengan menggunakan
uji Independent Sampel T Test dan uji pihak kanan dengan varians kedua
kelompok sampel diperoleh nilai t-hitung sebesar 7,701 lebih besar dari t-tabel
sebesar 2,004. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini diterima dan teruji kebenarannya secara statistik pada taraf
signifikan α = 0.05. Dengan demikian model pembelajaran Direct Instruction
memberikan pengaruh lebih signifikan atau lebih baik terhadap hasil belajar siswa
dengan materi metode penggorenga di kelas XI TPHP SMK Negeri 1 Berastagi
Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 072 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Direct Instruction; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 07:32 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21642 |