Barus, Ika Andayani (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SATU ATAP KUALA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS BUDAYA KARO. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146171039. COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
02. NIM. 8146171039. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
03. NIM. 8146171039. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
04. NIM. 8146171039. PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
05. NIM. 8146171039. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
06. NIM. 8146171039. TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
07. NIM. 8146171039. DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
08. NIM. 8146171039. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
09. NIM. 8146171039. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
010. NIM. 8146171039. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
014. NIM. 8146171039. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
015. NIM. 8146171039. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan realistik berbasis budaya karo lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa?, (3) Bagaimana proses penyelesaian soal-soal komunikasi matematis pada pendekatan realistik berbasis budaya karo dan pembelajaran konvensional? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala, dengan sampel dua kelas berjumlah 64 siswa melalui teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang diajar melalui Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Karo lebih tinggi dari pada siswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Karo dan pembelajaran konvensional) dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi, (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematis pada Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Karo lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Bar p |
Keywords: | Pendekatan realistik; Budaya karo; Kemampuan awal matematika; Kemampuan komunikasi matematis; Disposisi matematis; Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 02:21 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21637 |