Dahlia (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8146172011 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
02. NIM. 8146172011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
03. NIM. 8146172011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
04. NIM. 8146172011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
05. NIM 8146172011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM. 8146172011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07. NIM 8146172011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08. NIM. 8146172011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
012. NIM. 8146172011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
013. NIM. 8146172011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model Problem Based Learning berbantuan Geogebra; (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan (3) meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4D yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, buku guru, buku siswa, LKS, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kemandirian belajar siswa.Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI IPA-4 sebanyak 35 siswa dan uji coba II di lakukan pada siswa kelas XI IPA-5 sebanyak 32 siswa di SMA Negeri 3 Langsa. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, ketuntasan tujuan pembelajaran, waktu yang digunakan dalam pembelajaran efisien dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (2) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba I sebesar 75,18 meningkat menjadi 80,66 pada uji coba II; dan (3) adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I ke uji coba II. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan Geogebra sebagai alternative pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dah p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 01:58 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21633 |