Hasugian, Koleksin (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 173497 KARONTANG KECAMATAN TARABINTANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173497 Karontang, jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
eksperimen dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar pada materi
metamorfosis sempurna di kelas IV SD Negeri 173497 Karontang.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173497 Karontang
dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 perempuan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 47,81 dari 32 orang siswa, dimana 12 siswa
(37,5%) memperoleh ketuntasan dan 20 siswa (62,5%) yang belum tuntas. Pada
siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 57,81 dimana 16 siswa (50%)
memperoleh ketuntasan, 16 siswa (50%) yang belum tuntas dan nilai observasi
aktivitas siswa 79,16% kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II
rata-rata kelas siswa meningkat 68,13 dimana 27 siswa (84,38%) memperoleh
ketuntasan, 5 siswa (15,62%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas
siswa 91,66% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan
ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 301 |
Keywords: | Hasil belajar; Metode Eksperimen; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:59 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21625 |