Junianti, Rina (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARANN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 173478 LAKSA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dibahas mengenai motivasi Belajar siswa yang rendah dalam
pelajaran matematika yang disebabkan tidak kondusif suasana pada pelajaran
matematika, ketidak pedulian siswa dalam pelajaran matematika, kondisi yang ribut
ketika proses pada pelajaran matematika dan guru yang tidak menggunakan metode lain
dalam pelajaran matematika. Batasan masalah ini hanya mencakup tentang Operasi
bilangan campuran dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pelajaran matematika dengan menggunakan metode alat peraga T.P. 2015/2016.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) bersubjek di kelas IV
SD Negeri 173478 Laksa, Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016 yang
berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 Laki-laki dan 10 Perempuan. Pelaksanaannya
dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan.
Setiap pertemuan terdiri dari permainan yang berbeda dalam pelajaran matematika.
Instrumen penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar angket. Lembar
observasi yang dilakukan ada dua yaitu lembar observasi dan lembar angket. Lembar
observasi yang dilakukan ada dua yaitu lembar observasi motivasi belajar siswa secara
klasikal dan lembar observasi aktivitas guru. Lembar angket hanya terdiri dari 16 soal.
Setiap soal mempunyai pilihan yang terdiri dari a, b, c, dan d yang setiap peilihannya
berbeda nilainnya yaitu nilai positif dan nilai negatif.
Hasil data yang dieperoleh berupa tabel. Pada lembar observasi motivasi belajar
siswa ini diperoleh siswa termotivasi 27,63% pada pertemuan I siklus I dan 50,96%
pertemuan II siklus I. Hasil tersebut perlu dilakukan perbaikan disklus II dalam metode
alat peraga diperoleh 77,63% pertemuan I dan 89,53 % pertemuan II, terjadi peningkatan
motivasi. Sedangkan dalam instrument angket pada siklus I diperoleh 58,12 %, hal itu
tidak sesuai dengan nilai yang diharapkan sehingga perlu dilakukan perbaikan di siklus II.
Dalam siklus II diperoleh data 70,46%, sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar
siswa dengan menggunakan lembar angket. Selain itu, nilai hasil observasi guru adalah
33,33% pada pertemuan I Siklus I, 48,25% pertemuan II siklus I tidak mencapai nilai
75%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II 68,25% pada pertemuan I dan 80,95% Yang
merupakan peningkatan yang cukup baik untuk aktivitas guru sehingga dikatakan berhasil
dan mencapai nilai yang sesuai dengan tujuan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Alat Peraga
dapat meningkatan motivasi belajar pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri
173478 Laksa, Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016. Disarankan guru lebih
kreatif dalam pembelajaran dan dapat menggunakan metode alat peraga ketika proses
dalam pembelajaran berlangsung agar siswa memilki motivasi dan semangat belajar yang
tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 297 |
Keywords: | Matematika; Hasil Belajar; Alat Peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:50 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21623 |