Sagala, Asbi (2016) PENERAPAN MODEL PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI NO. 030421 GENTING TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114522314020 JUDUL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 114522314020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
3. NIM 114522314020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM 114522314020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 114522314020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 114522314020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 114522314020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 114522314020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 114522314020 BAB I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
13. NIM 114522314020 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 114522314020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan Penerapan
Model Pemecahan Masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri No 030421 Genting Kec. STTU Jehe Kab.
Pakpak Bharat? Pada materi Daur Hidup Hewan mereka tidak merasa tertarik
karena mereka bukan sebagai pemeran dalam Pembelajaran tersebut. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan Metode Pembelajaran Berdasarkan masalah
yang di hadapi.
Dari latar belakang yang ada maka peneliti mengangkat permasalah
yaitu: Apakah dengan menggunakan penerapanm model pemecahan masalah
dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas
V SD Negeri No 030421 Genting Kec. STTU Jehe Kab. Pakpak Bharat. Dalam
pengumpulan data penelitian menggunakan metode test dan observasi. Tes
dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai. Metode observasi dilaksanakan
selama proses belajar mengajar sedang berlangsung. Pada pelaksanaan penelitian
ini, peneliti menggunakan data kelas V yang berjumlah 26 orang siswa. Peneliti
menggunakan 2 siklus dalam penelitian tersebut.
Jumlah Siswa yang tuntas belajar pada saat pre test 4 orang atau
ketuntasan klasikalnya 15,38 % dengan nilai rata- rata 58,27. Pada saat Post test
di siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 orang atau
ketuntasannya secara klasikalnya 42,31 % dengan nilai rata- rata 67,12. Namun
karena masih belum mencapai rata-rata ketuntasan secara klasikal, yaitu
sebanyak 70% maka perlu dilanjutkan ke siklus ke II. Pada postest siklus II
siswa yang tuntas adalah sebanyak 22 orang atau ketuntasan secara klasikalnya
sebesar 84,62% dengan nilai rata-ratanya adalah 77,69. Ini menunjukkan bahwa
siswa telah tuntas secara klasikal.
Maka penulis menyimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No 030421 Genting Kec STTU
Jehe Kab Pakpak Bharat Tahun Pelajaran. 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 495 |
Keywords: | Model Pemecahan Masalah; IPA; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21620 |