Solin, Jansen (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MENGAMATI PERUBAHAN TETAP DAN SEMENTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS LIMA SDN 033933 TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114522314027 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 114522314027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
3. NIM 114522314027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM 114522314027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. NIM 114522314027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 114522314027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM 114522314027 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 114522314027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM 114522314027 BAB I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 114522314027 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 114522314027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Proses belajar mengajar
kurang tepat pada materi perubahan sifat benda, (2) Siswa kurang berminat dalam mengikuti
mata pelajaran sains, (3) Strategi yang digunakan guru kurang menarik pada mata pelajaran
sains, (4) Guru tidak menggunakan media pada saat mengajar, pada sub pokok bahasan
perubahan tetap dan perubahan sementara.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam mata
pelajaran sains dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan mengamati
perubahan tetap dan sementara Tahun Ajaran 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian
ini, yaitu: Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil
belajar sains pokok bahasan mengamati perubahan tetap dan sementara di SD Negeri 033933
Tinada Tahun Ajaran 2015/2016?
Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan
metode demonstrasi sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupaya memaparkan
penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains dalam meningkatkan hasil belajar
siswa di kelas V pada pokok bahasan mengamati perubahan tetap dan sementara di SD
Negeri 033933 Tinada Tahun Ajaran 2015/2016?
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 33 orang yang diantaranya 15
orang laki-laki dan 18 orang perempuan di SD Negeri 033933 Tinada Tahun Ajaran
2015/2016?
. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan
diteliti dan saran dari kepala sekolah. Objek formal dengan penerapan metode demonstrasi
pada mata pelajaran sains.
Hasil penelitian pada pree tes mencapai 12 orang siswa yaitu 36,37% mencapai nilai
ketuntasan, dan 21 orang siswa yaitu 63,63% yang belum mencapai nilai ketuntasan dari 33
orang siswa dengan rata-rata nilai 56,56, pada post tes siklus I mencapai 20 orang siswa yang
telah berhasil dengan nilai 60,60%, dan 13 orang siswa yang belum mencapai nilai
ketuntasan dengan nilai 39,40% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 68,48, dan pada postes
siklus II mencapai 29 orang siswa yang telah berhasil dengan nilai 87,88%, dan 4 orang siswa
yang belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai 12,12% dengan rata-rata nilai kelas
sebesar 82,42.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada pokok bahasan mengamati
perubahan tetap dan sementara di SD SD Negeri 033933 Tinada Tahun Ajaran 2015/2016?
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 215 |
Keywords: | Metode Demonstrasi; Minat belajar siswa ; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:23 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21619 |