UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK KELANCARAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 178218 BUNGUS KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Feronika, Arta (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK KELANCARAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 178218 BUNGUS KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB I.pdf]
Preview
Text
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB V.pdf]
Preview
Text
13.BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan
menggunakan kartu huruf untuk kelan cara membaca siswa kelas I SDN 178218
Bungus dengan. Hasil belajar yang ditingkatkan adalah menyebutkan huruf,
menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan karena
dan ya permasalahan dalam membaca permulaan di SDN 178218 Bungus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.
Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa. Obyek penelitian dalam penelitian ini
adalah penggunaan kartu huruf untuk melancarkan belajar membaca permulaan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument
observasi daftar cek (check List). Teknikan alisis data yang digunakan yaitu teknik
deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kelancaran membaca permulaan siswa SDN 178218 Bungus
dapat ditingkatka nmenggunakan alat peraga kartu huruf dalam proses
pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masing-masing
anak memegang kartu huruf dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu
menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kelancaran membaca permulaan
yaitu pada kondisi awal sebesar 15,38% meningkat pada Siklus I menjadi 38,46%,
dan Siklus II meningkat sebesar73,07%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 282
Keywords: Kelancaran Membaca Permulaan; Kartuhuruf; SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:19
Last Modified: 22 Nov 2016 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item
View Item