Feronika, Arta (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK KELANCARAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 178218 BUNGUS KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan
menggunakan kartu huruf untuk kelan cara membaca siswa kelas I SDN 178218
Bungus dengan. Hasil belajar yang ditingkatkan adalah menyebutkan huruf,
menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan karena
dan ya permasalahan dalam membaca permulaan di SDN 178218 Bungus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.
Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa. Obyek penelitian dalam penelitian ini
adalah penggunaan kartu huruf untuk melancarkan belajar membaca permulaan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument
observasi daftar cek (check List). Teknikan alisis data yang digunakan yaitu teknik
deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kelancaran membaca permulaan siswa SDN 178218 Bungus
dapat ditingkatka nmenggunakan alat peraga kartu huruf dalam proses
pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masing-masing
anak memegang kartu huruf dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu
menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kelancaran membaca permulaan
yaitu pada kondisi awal sebesar 15,38% meningkat pada Siklus I menjadi 38,46%,
dan Siklus II meningkat sebesar73,07%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 282 |
Keywords: | Kelancaran Membaca Permulaan; Kartuhuruf; SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:19 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21618 |