UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA TEMA LINKUNGAN DI KELAS II SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO T.P. 2015/2016

Pardede, Suryani Trisnawati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA TEMA LINKUNGAN DI KELAS II SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
tema lingkungan, guru hanya menggunakan model atau metode pembelajaran
ceramah yang memusatkan kegiatan hanya pada guru sementara siswa kurang
akrif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil
belajar pada tema lingkungan di Kelas II SDN 173327 Bahalimbalo TA.
2015/2016
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek
penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 173327 Bahalimbalo yang berjumlah 30
orang, yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Adapun prosedur
penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana siklus I terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi dimana siklus II lebih memfokuskan
menggunakan model picture and picture. Untuk memperoleh data yang digunakan
dalam penelitian ini penulis melakukan tesdan observasi. Adapun teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah deskripsi setiap item yang di observasi.
Setelah dilaksanakan pre tes hasil tes awal diperoleh rata–rata nilai
kemampuan awal siswa sebesar 16,5% dengan kategori kurang, ketuntasan siswa
hanya terdapat 5 siswa dari 30 siswa dengan rata-rata 12,5%, dengan
ketidaktuntasan 83,5% terdapat dari 25 siswa dari 30 siswa. Setelah dilakukan
siklus I, hasil post tes meningkat. Penguasaan siswa meningkat menjadirata-rata
46% dan secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam belajar dengan
ketuntasana 16 siswa dari 30 siswa, sementara ketidaktuntasan sebanyak 14 siswa
dari 30 siswa dengan persentase 54%. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada
siklus I sebesar 54% dengan kategori kurang. Selanjutnya setelah dilakukan
perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan memfokuskan menggunakan model
picture and picture, tingkat keberhasilan meningkat menjadi rata-rata 81,25%. 27
orang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90% atau secara klasikal siswa mencapai
ketuntasan belajar. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus II sebesar 83%
dengan kategori baik.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelalajran
menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas II SD Negeri 173327 Bahalimbalo TA. 2015/2016 pada tema lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 304
Keywords: Model Pembelajaran; Matematika; Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:00
Last Modified: 22 Nov 2016 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item
View Item