Pardede, Suryani Trisnawati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA TEMA LINKUNGAN DI KELAS II SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
tema lingkungan, guru hanya menggunakan model atau metode pembelajaran
ceramah yang memusatkan kegiatan hanya pada guru sementara siswa kurang
akrif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil
belajar pada tema lingkungan di Kelas II SDN 173327 Bahalimbalo TA.
2015/2016
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek
penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 173327 Bahalimbalo yang berjumlah 30
orang, yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Adapun prosedur
penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana siklus I terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi dimana siklus II lebih memfokuskan
menggunakan model picture and picture. Untuk memperoleh data yang digunakan
dalam penelitian ini penulis melakukan tesdan observasi. Adapun teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah deskripsi setiap item yang di observasi.
Setelah dilaksanakan pre tes hasil tes awal diperoleh rata–rata nilai
kemampuan awal siswa sebesar 16,5% dengan kategori kurang, ketuntasan siswa
hanya terdapat 5 siswa dari 30 siswa dengan rata-rata 12,5%, dengan
ketidaktuntasan 83,5% terdapat dari 25 siswa dari 30 siswa. Setelah dilakukan
siklus I, hasil post tes meningkat. Penguasaan siswa meningkat menjadirata-rata
46% dan secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam belajar dengan
ketuntasana 16 siswa dari 30 siswa, sementara ketidaktuntasan sebanyak 14 siswa
dari 30 siswa dengan persentase 54%. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada
siklus I sebesar 54% dengan kategori kurang. Selanjutnya setelah dilakukan
perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan memfokuskan menggunakan model
picture and picture, tingkat keberhasilan meningkat menjadi rata-rata 81,25%. 27
orang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90% atau secara klasikal siswa mencapai
ketuntasan belajar. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus II sebesar 83%
dengan kategori baik.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelalajran
menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas II SD Negeri 173327 Bahalimbalo TA. 2015/2016 pada tema lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 304 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Matematika; Lingkungan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:00 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21615 |