Simbolon, Naeklan (2004) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DENGAN RINGKASAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MAHASISWA PGSD FIP UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 015020021 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM. 015020021 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 015020021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
4. NIM. 015020021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM. 015020021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 015020021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 015020021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. NIM. 015020021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. NIM. 015020021 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 015020021 BAB V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM. 015020021 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar antaramahasiswa yang memperoleh teknik pembelajaran ringkasan verbal dan skematik, (2) perbedaan hasi belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar impulsif dan reflektif, (3) interaksi antara teknik pembelajaran ringkasan dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan di PGSD F1P Universitas Negeri Medan, padssemester tiga tahun akademik 2003/2004. Metode penelitian ini adalah eksperirnen dengan rancangan faktorial 2 x 2, variabel bebas penelitian ini adalah (1) teknik pembelajaran ringkasan, dan (2) gaya belajar mahasiswa sedangkan variabel terikat adalah basil belajar Bahasa Indonesia.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FIP Universitas NegeriMedan, sarnpel diambil dari dua kelas (60 orang) mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data (1) tes hasil belajar berbentuk tes objektif, (2) tes gaya belajar yang diadaptasi dan IPL Tellier, dilakukan oleh Bagian Konsultasi Bimbingan dan Penyuluhan Universitas Negeri Medan. Teknik anatisis data menggunakan ANAVA 2 X 2.Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) tidak terdapat perbedaanhasil belajar Bahasa Indonesia antara mahasiswa yang memperoleh teknik pembelajaran ringkasan verbal dengan ringkasan skematik (Fhitung = 1,13 < Ftabel = 4,00), (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar imputsif dan reflektif (Fhitung = 0,97 < Ttabel = 4,00), (3)tidak terdapat interaksi antara teknik pembelajaran ringkasan dan gaya belajar mahasiswa yang memberikan perbedaan pengaruh terhadap basil belajar Bahasa Indonesia (Fhitung = 0,11 < Ftabel = 4,00).Dengan demikian basil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pembelajaran ringkasan verbal dan skematik cocok diberikan kepada mahasiswa yang memiliki gaya belajar impulsif dan reflektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.302 8 Sim p |
Keywords: | Gaya Belajar; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2161 |