Sitepu, Rusti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI 173471 SIJARANGO KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa pada pokok bahasa penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya di
kelas V SD Negeri 173471 Sijarango. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) Dengan menggunakan Media gambar. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri 173471 Sijarango. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri 173471 Sijarango kab. Humbang Hasundutan.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus,satu siklus terdiri dari 1 pertemuan
dengan 4 tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini, penulis melakukan pengumpulan data
dengan cara memberikan tes. Awal diperoleh nilai siswa yang tuntas sebanyak 2
orang dengan persentase (16,67%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak
10 orang siswa dengan persentase (83,33) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa
36,67 dari 12 siswa. Dengan demikian dapat dikatakan hasil belajar siswa masih
cukup rendah dan belum memenuhi syarat. Dengan demikian peneliti
menggunakan media gambar saat pembelajaran berlangsung.
Data yang diperoleh pada siklus I adalah sebagai berikut jumlah siswa
yang tuntas adalah 5 orang dengan persentase (41,67%) dan siswa yang belum
tuntas adalah 7 orang dengan persentase (58,33%) dengan nilai rata-rata 52,08
dari 12 siswa. Dilihat dari nilai siswa dapat dikatakan masih cukup. Dengan
demikian peneliti melakukan perbaikan lagi dengan mengggunakan media gambar
pada siklus II data yang diperoleh sebagai berikut: jumlah siswa yang tuntas 10
orang dengan persentase (83,33%) dan jumlah siswa yang belum tuntas 2 orang
dengan persentase (16,67%) dengan nilai rata-rata 76,25 dari 12 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar
pada pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri 173471 Sijarango. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran
sains dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 300 |
Keywords: | Hasil Belajar; Sains; Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:25 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21607 |