PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105271 SERBAJADI TA 2015 / 2016

Sembiring, Kenzia Gloria Hati (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105271 SERBAJADI TA 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4 KATA PENGHANTAR.pdf]
Preview
Text
4 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9 BAB  I.pdf]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 13 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V yang
berjumlah 32 orang yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik
perempuan di SD Negeri 105271 Serbajadi. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh
penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam
belajar IPA materi pokok gaya magnet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan strategi inkuiri di
kelas V SD Negeri 105271 Serbajadi.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2
siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan..dalam setiap siklus dilakukan
melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat
pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukan
tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal
siswa atau prasiklus yang bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dan
kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal di peroleh 6 orang
memperoleh kriteria kreatif (18,75%), 3 orang memiliki kreativitas belajar cukup
(9,375%), 23 orang memiliki kreativitas belajar kurang (71,875%). Pada siklus I
mengalami perubahan yaitu : 7 siswa (21,875%) memperoleh kriteria sangat kreatif, 11
siswa (34,375%) memperoleh kriteria kreatif, 5 siswa (15,625%) memperoleh kriteria
cukup, dan 9 siswa (28,125%) memperoleh kriteria kurang. Dan pada siklus II
presentase kreativitas belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan presentase
yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas belajar siswa, yaitu : 17 siswa (53,125%)
memperoleh kriteria sangat kreatif, 9 siswa (28,125%) memperoleh kriteria kreatif, 4
siswa (12,50%) memperoleh kriteria cukup dan 2 (6,25%) siswa memperoleh kriteria
kurang. Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari angket pada siklus I
adalah : 4 siswa (12,50%) memperoleh kriteria sangat kreatif, 16 siswa (50%)
memperoleh kriteria kreatif, 6 siswa (18,75%) memperoleh kriteria cukup, dan 6 siswa
(18,75%) memperoleh kriteria kurang. Dan pada siklus II diperoleh: 14 siswa (43,75%)
memperoleh kriteria sangat kreatif, 12 siswa (37,50%) memperoleh kriteria kreatif, 3
siswa (9,375%) memperoleh kriteria cukup, dan 3 siswa (9,375%) memperoleh kriteria
kurang. Penilaian pada penilai yang dilakukan oleh wali kelas V pada siklus I
memperoleh presentase 66,25% dan pada siklus II Presentasenya sebesar 85%
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan
strategi inkuiri dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di
kelas V SD Negeri 105271 Serbajadi. Oleh karena itu, strategi pembelajaran inkuiri
dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 183
Keywords: Strategi Inkuiri; Meningkatkan Kreativitas Belajar; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:22
Last Modified: 22 Nov 2016 06:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item
View Item