Lahagu, Juniaro (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN. NO. 078461 ORAHILI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114523114040 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 114523114040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM 114523114040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4. NIM 114523114040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM 114523114040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 114523114040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM 114523114040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM 114523114040 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM 114523114040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10. NIM 114523114040 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14.NIM 114523114040 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
15. NIM 114523114040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar juga terjadi. Di sekolah ini pada
pelajaran IPA, suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila tingkat penguasaan
siswa pada materi sudah mencapai 70% ke atas. Akan tetapi setelah peneliti
melakukan pembelajaran, ternyata hasil belajar yang diperoleh rendah, yaitu siswa
yang mampu menguasai materi sampai 70% hanya 3 orang dari 21 siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa tentang
sumber daya alam pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD. Negeri No. 078461 Orahili
Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat TP. 2015/2016 dapat meningkat
dengan menggunakan metode diskusi?
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA dengan metode diskusi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
yang terdiri dari 4 tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Pendekatan penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian deskriptif.
Kriteria yang akan digunakan adalah Apabila pada siklus I siswa yang
mencapai daya serap lebih dari 70 belum mencapai 75% dari jumlah keseluruhan
siswa, maka penelitian akan berlanjut ke siklus II. Dan penelitian dikatakan berhasil
bila 75% siswa kelas tersebut mencapai daya serap lebih dari 70%..
Dari hasil perbaikan pelajaran yang telah dilakukan maka dapat ditarik
kesimpulan melalui pengajaran dengan metode diskusi hasil belajar siswa khusus
pada materi pelajaran sumber daya alam meningkat.
Berdasarkan kesimpulan diatas ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh
guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA antara
lain: (1) Kepada guru, yang ingin menerapkan pembelajaran dengan penerapan
metode diskusi agar memberikan perhatian kepada siswa yang kurang aktif dalam
proses pembelajaran; (2) Siswa, yaitu penerapan metode diskusi dapat meningkatkan
kemampuan berfikir logis, kritis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan
IPA sehingga dapat meningkatkan hasil belajar; (3) Agar kepala sekolah dapat
mendukung sarana dan prasarana belajar siswa serta lingkungan sekolah yang
menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 366 |
Keywords: | IPA; Sumber Daya Alam; Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:09 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21603 |