Lumbangaol, Merlin Ulida (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 175785 SIJARANGO KEC. PAKKAT KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya hasil belajar
siswa pada pokok bahasan perubahan sifat benda di kelas V SD, pelaksanaan
pembelajaran masih didominasi pada guru atau masih berpusat pada guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, dan
peningkatan hasil belajar siswa.
Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 175785 Sijarango Tahun Pelajaran
2015/2016. Yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas V di SD Negeri 175785
Sijarango yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 4 orang
perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pada pokok
bahasan perubahan sifat benda di kelas V. Tes yang digunakan adalah tes
berbentuk pilihan berganda yang dibatasi pada ranah kognitif C2 dan lembar
observasi.
Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan pelaksanaan hasil observasi
aktivitas guru dan siswa masuk dalam kategori baik. Ketuntasan hasil belajar
siswa secara individu telah meningkat dimana pada siklus I, 6 orang yang tuntas
dan siklus II yang tuntas adalah 8 orang, serta nilai rata-rata siswa meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan perubahan sifat
benda di Kelas V SD Negeri 175785 Sijarango. Peningkatan hasil belajar siswa
setelah penggunaan metode demonstrasi pada pokok bahasan perubahan sifat
benda di kelas V SD Negeri 175785 Sijarango Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah
sebesar 14,48.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 305 |
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21602 |