Mayasari (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRIGONOMETRI BERBASIS PBL BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA UISU. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146172043 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
02. NIM. 8146172043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
03. NIM. 8146172043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. NIM. 8146172043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
05. NIM. 8146172043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
06. NIM. 8146172043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
07. NIM. 8146172043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
08. NIM 8146172043 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
012. NIM. 8146172043 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
013. NIM. 8146172043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: validitas, dan efektivitas bahan ajar bahan ajar yang dikembangkan berbasis PBL berbantuan software GeoGebra, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Sap, Buku Mahasiswa, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Uji coba I dilakukan pada mahasiswa semester II di kelas A dan Uji coba II dilakukan pada mahasiswa semester II di kelas B FKIP Matematika UISU. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas SAP = 4,22, Buku Mahasiswa = 4,19, LKM = 4,21, tes kemampuan pemecahan masalah valid dengan reliabilitas 0,72 dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis valid dengan reliabilitas 0,713; (2) Bahan ajar trigonometri berbasis PBL berbantuan software GeoGebra yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) keberhasilan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis; b) aktivitas aktif mahasiswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon mahasiswa terhadap komponen-komponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran positif; (3) Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang pada uji coba I sebesar 81,88 meningkat menjadi 94,38 pada uji coba II; dan (4) adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa yang pada uji coba I sebesar 77,88 meningkat menjadi 83,15 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.240 711 May p |
Keywords: | 4-D; PBL; Geogebra; Kemampuan; Pemecahan; Masalah; Berpikir; Kreatif; Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21601 |