Syahrina, Nurfi (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA MTS DAAR AL-ULUUM ASAHAN KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171063 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 8146171063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
3. NIM 8146171063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8146171063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 8146171063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 8146171063 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8146171063 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 8146171063 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 8146171063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8146171063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 8146171063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kualitas perangkat pembelajaran berbasis realistik yang dikembangkan, (2) meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis realistik, (3) meningkatkan disposisi matematis siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis realistik, (4) menganalisis respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan modifikasi Model Thiagarajan, Semmel & Semmel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Buku Siswa, LKS, RPP, dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis (TKKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah valid, dengan nilai rata-rata Buku Siswa 4,22, LKS 4,13, RPP 4,25 dan TKKM menunjukkan kriteria valid untuk keempat butir soal. Disamping itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif. Hal inidapat dilihat dari hasil uji coba dilapangan yaitu rata-rata tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 90,47%, rata-rata ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 85,21%, serta pelaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria ketercapaian alokasi waktu sesuai RPP; (2) rata-rata pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa pada uji coba I sebesar 82,26 meningkat menjadi 85,22 pada uji coba II; (3) rata-rata disposisi matematis siswa pada uji coba I sebesar 119,93 meningkat menjadi 121,10 pada uji coba II; (4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dalam kategori positif atau baik, dengan nilai rata-rata sebesar 97,22%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sya m |
Keywords: | Perangkat; Pendekatan realistik; Komunikasi matematis; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21595 |