Sinaga, Riady Magdalena (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KARTU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173479 NAPAPARIRA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Hasil
Belajar matematika pada Siswa SD Negeri 173479 Napaparira?”. Penelitian
tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menggunakan metode
permainan pada siswa kelas IV SD Negeri 173479 Napaparira. Subjek dalam
penelitian ini adalah secara umum pembelajaran matematika dan secara khusus
Operasi Hitung perkalian dengan menggunakan metode permainan pada siswa SD
Negeri 173479 Napaparira. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi,
dokumen siswa dan catatan guru. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini
dilakukuan melalui dua siklus, yang terdiri dari tahap-tahap: perencanaan,
tindakan, pengumpulan data dan refleksi.
Dari hasil observasi pada siklus I dan II secara berturut- turut diperoleh
bahwa: (a) Siswa yang senang belajar operasi hitung dengan menggunakan
metode permainan kartu 8 orang siswa yang menyukainya atau sekitar 53,33%
pada siklus I, dan 13 orang yang mulai menyukainya atau sekitar 86,66%, (b)
Siswa yang sudah mampu menggunakan metode permainan kartu untuk berhitung
sekitar 7 orang atau 46,66% pada siklus I dan 12 orang atau sekitar 80,00% yang
dapat menggunakanya dengan benar pada siklus II. (c) siswa yang sudah mampu
menggunakan metode permainan dalam menghitung sekitar 7 orang atau 46.66%
pada siklus I dan 13 orang atau 86.66% yang berhasil menggunakannya pada
siklus II.
Dari analisis data pada setiap siklus diperoleh juga perubahan yang positif
terhadap nilai rata-rata pada siklus pertama dan kedua ada peningkatan yang
signifikan. Jadi dalam penggunaan metode yang tepat dalam setiap proses
pembelajaran maka terjadi perubahan yang sangat baik, dan dapat meningkatkan
pencapaian ketuntasan minimal yang sudah di tentukan yaitu (KKM = 70) dan
siswa yang dapat mencapai KKM tersebut sampai pada 86,66% atau 13 orang dari
15 orang siswa yang ad
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 292 |
Keywords: | Metode Permainan kartu; Kemampuan Berhitung; Operasi Hitung Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:52 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21591 |