Mangunsong, Della Adelita (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 107828 ARAS PANJANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1123311013 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 1123311013 WE.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
NIM 1123311013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
NIM 1123311013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM 1123311013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM 1123311013 TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
NIM 1123311013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
NIM 1123311013 GRAFICS.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
NIM 1123311013 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
NIM 1123311013 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 1123311013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi pokok menghargai peninggalan sejarah dengan
menggunakan model pembelajaran Word Square.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
tindakan model pembelajaran Word Square. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri 107828 Aras Panjang T.A 2015/2016 yang
berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan
siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes
awal, post test siklus I dan post test siklus II, sedangkan observasi meliputi
aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar
ketuntasan belajarnya adalah 70. Apabila nilai siswa kurang dari 70, maka siswa
dikatakan belum tuntas.
Pada saat dilaksanakan tes awal dapat diketahui bahwa dari 30 orang siswa
sebanyak 7 siswa (23,33%) tuntas dan sebanyak 23 orang siswa (76,67%) tidak
tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 51,56. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 30
orang siswa sebanyak 17 siswa (56,67%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan
sebanyak 13 siswa (43,33%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai
rata-rata klasikal sebesar 71,56. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka
telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan post test siklus II dapat
diketahui sebanyak 30 orang siswa (100%) yang tuntas dalam belajar dengan nilai
rata-rata klasikal 90,89. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II
diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus
membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “dengan
menggunakan model pembelajaran Word Square pada pelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 107828 Aras Panjang
T.A 2015/2016”. Dapat diterima, dengan jumlah nilai seluruhnya 2726,63, nilai
rata-rata klasikal 90,89 dan nilai ketuntasan klasikalnya sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 192 |
Keywords: | Hasil Belajar; IPS; Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:48 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21588 |