PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ECONOMIC LITERACY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 MEDAN

Ginting, Handriani Milladya (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ECONOMIC LITERACY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146121016_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146121016_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146121016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146121016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146121016_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146121016_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146121016_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146121016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146121016_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146121016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146121016_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146121016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146121016_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146121016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146121016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146121016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146121016_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146121016_BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146121016_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146121016_BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146121016_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146121016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran ekonomi pada siswa sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi Ekonomi berada pada kualifikasi sangat layak (95,33%) (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak (91,25%) (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada pada kualifikasi sangat layak (92,68%), uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (91,25%) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (93,59%) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (93,33%). Hasil hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran interaktif berbasis economic literacy dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung> ttabel atau 5,785 > 1,667 atau dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Gin p
Keywords: Pembelajaran ekonomi; Hasil belajar; Economic literacy; Media pembelajaran; Pembelajaran interaktif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:40
Last Modified: 21 Nov 2016 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item
View Item