Suratno (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146121040 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 8146121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3. NIM. 8146121040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 8146121040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8146121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 8146121040 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 8146121040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 8146121040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 8146121040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 8146121040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14. NIM. 8146121040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah, dan (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian 197 orang yang berasal dari 5 kelas yaitu kelas X SMA Swasta Muhammadiyah Kisaran, sedangkan sampel seluruhnya 78 orang yang terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes minat belajar untuk membedakan minat belajar yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 46 soal yang diujicobakan, sebanyak 40 saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 55.28 dan Ftabel = 3.970 untuk taraf signifikansi ∝=0.05 dengan derajat dk (1.74). (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar Ekonomi siswa dengan minat belajar rendah. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 57.94 dan Ftabel = 3.970 untuk taraf signifikansi ∝=0.05 dengan derajat dk (1.74), dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 7.14 dan Ftabel = 3.970 untuk taraf signifikansi ∝=0.05 dengan derajat dk (1.74). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi, model pembelajaran kooperatif tipe NHT tepat digunakan bagi siswa yang memiliki minat belajar tinggi. Siswa yang memiliki minat belajar rendah lebih efektif diajar dengan model pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sur p |
Keywords: | Model pembelajaran; Minat belajar; Hasil belajar Ekonomi; Pembelajaran ekspositori |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:59 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21577 |