Vina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN + PERSETUJUAN + TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. BAB V SIMPULAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar Matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Kontesktual dan hasil belajar Matematika yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar Matematika antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan hasil belajar Matematika siswa dengan kemampuan awal rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Matematika. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Sultan Iskandar Muda Kota Medan dengan jumlah 168 siswa. Kelas yang dipilih adalah kelas VIII. Sampel penelitian ditetapkan kelas VIII-C menggunakan model pembelajaran Kontekstual dan kelas VIII-B menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 25 dengan koefisian reliabilitas 0,948. Sedangkan untuk mendapatkan data tentang kemampuan awal peserta didik digunakan pretest dengan jumlah 15 butir soal essay . Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitiannya adalah : (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kontekstual = 67,2 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekpositori = 58,6 dengan Fhitung = 4,00 > Ftabel = 3,978, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi = 66,60 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah = 60,00 dengan Fhitung = 5,7 > Ftabel = 2,376, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar Matematika dengan Fhitung = 8,6 > Ftabel = 3,978.
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada peserta didik dengan karakteristik kemampuan awal tinggi adalah model pembelajaran Kontekstual sedangkan peserta didik dengan kemampuan awal rendah lebih tepat menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Matematika yaitu dalam penerapan model pembelajaran harus memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kemampuan awal peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Vin p |
Keywords: | Hakikat belajar; Matematika; Model pembelajaran; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran ekspositori |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21574 |