Purba, Sefrida (2016) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang dengan penerapan metode pembelajaran quantum teaching, (2) peningkatan aktivitas siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang dalam kegiatan belajar dengan penerapan metode quantum teaching. Bahan ajar ini dikembangkan guru dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching sehingga membantu siswa memahami materi pempelajaran Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dirancang mengikuti Model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan) dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya dirancang berdasarkan kajian teori pembelajaran dan input dari lapangan. Adapun rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa penerapan metode pembelajaran quantum teaching dalam mengajarkan pokok bahasan penerapan metode pembelajaran quantum teaching siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang sebanyak 32 orang. Hasil yang di dapat dari kedua siklus adalah terdapatnya perangkat pembelajaran berupa bahan ajar berbasis quantum teaching, RPP, dan buku .Temuan penelitian menunjukkan pembelajaran Geografi dengan pembelajaran metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar setiap siklus yaitu dari rata-rata 63,41 menjadi rata-rata 80,06. siswa merasa senang belajar Geografi dan termotivasi untuk belajar Hal ini mengimplikasikan bahwa dengan penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan Keterampilan guru, aktivitas siswa atau tanggapan yang positif terhadap pembelajaran tersebut, untuk itu para guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan bahan ajar berbasis quantum teaching dalam pembelajaran Geografi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Pur p |
Keywords: | Prestasi belajar; Quantum teaching; Atmosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21572 |