Wiguna, Adhy (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK DASAR TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA SD NEGERI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. ADHY WIGUNA. 8126121002. COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. ADHY WIGUNA. 8126121002. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3. ADHY WIGUNA. 8126121002. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. ADHY WIGUNA. 8126121002. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. ADHY WIGUNA. 8126121002.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. ADHY WIGUNA. 8126121002. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. ADHY WIGUNA. 8126121002. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. ADHY WIGUNA. 8126121002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9.ADHY WIGUNA. 8126121002. BAB I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13.ADHY WIGUNA. 8126121002. Bab V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. ADHY WIGUNA. 8126121002. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran induktif lebih tinggi dari kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran deduktif. (2) Kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa yang memiliki kemampuan motorik dasar tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan motorik dasar rendah. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan motorik dasar siswa terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 105347 Sidourip dan SD Negeri 106182 Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang, semester genap tahun pembelajaran 2015/2016. Jumlah keseluruhan populasi 87 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa laki-laki dari kedua sekolah sebanyak 51 siswa yang terdiri 31 siswa diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran induktif, dan 20 siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran deduktif .Tes kemampuan motorik dasar dilakukan untuk mengelompokkan siswa atas tingkat kemampuan motorik dasar tinggi dan tingkat kemampuan motorik dasar rendah. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan ∝ =0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran induktif lebih tinggi bila dibandingkan dengan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa yang ajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran deduktif, hal ini ditunjukkan oleh Fhutung = 21,18 > Ftabel = 4,05; (2) Kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa yang memiliki kemampuan motorik dasar tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan motorik dasar rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fhutung = 68,76 > Ftabel = 4,05; (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan motorik dasar siswa terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa, hal ini ditunjukkan oleh Fhutung = 31,40 > Ftabel = 4,04. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran induktif lebih baik dari pada strategi pembelajaran deduktif dalam meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa, siswa yang memiliki kemampuan motorik dasar tinggi memperoleh hasil kemampuan lompat jauh gaya jongkok lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan motorik dasar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.86 Wig p |
Keywords: | Kemampuan lompat jauh; Strategi pembelajaran; Motorik kasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:00 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21571 |