Sinaga, Roida Ferawati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122045 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 8136122045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 8136122045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8136122045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 8136122045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8136122045 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM. 8136122045 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 8136122045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
12. NIM. 8136122045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. NIM. 8136122045 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Cinta Rakyat 4 Tahun ajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Cinta Rakyat 4 Tahun ajaran 2016-2017, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 126 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara acak (cluster random sampling). Hasil pengundian yang dilakukan maka terpilih 2 (dua) kelas sebagai sampel yaitu Kelas V2 (42 siswa) yang diterapkan Model Pembelajaran Number Head Together dan V1 (42 siswa) yang diterapkan dengan Model Pembelajaran Think Pair Share. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes untuk hasil belajar IPA dan angket Gaya Belajar, dianalisis dengan anva dua jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji normalitas dengan uji Liliefors terhadap nilai hasil belajar siswa semua kelompok belajar adalah normal dengan nilai LHitumg > LTabel. Selanjutnya pengujian Homogenitas terhadap data hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Number Head Together dan Think Pair Share serta data hasil belajar siswa yang memiliki Gaya Belajar Auditorial dan rendah memiliki nilai FHitung < FTabel yang berarti bahwa data hasil belajar kedua kelompok adalah homogen. Pengujian Homogenitas terhadap hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Number Head Together dengan Gaya Belajar yang berbeda dan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Gaya Belajar yang berbeda memiliki nilai χ2Hitung < χ2Tabel maka data hasil belajar keempat kelompok adalah Homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Model Pembelajaran Number Head Together lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan nilai Fhitung 8,15 > FTabel 3,96; (2) hasil belajar IPA kelompok siswa yang memiliki Gaya Belajar Auditorial lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki Gaya Belajar Visual dengan nilai Fhitung = 29,22 > FTabel = 3,96; (3) terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan Gaya Belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari FTabel (FHitung = 23,21 > FTabel = 3,96) pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Sin p |
Keywords: | Number head together; Think pair share; Auditorial; Visual; Hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:53 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21570 |