Siagian, Elly (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173491 SINGALAEARDAN KEC. PARLILITAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada pelajaran Matematika khususnya dalam menyelesaikan soal cerita
dikarenakan siswa kurang memahami pertanyaan yang disajikan dalam bentuk
kalimat panjang.
Untuk menciptakan pembelajaran yang baik dan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, guru dituntut untuk mampu memilih dan menentukan model
pembelajaran apa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sesuai dengan
kondisi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan melalui
model pembelajaran Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 173491
Singalaeardan Humbahas melalui sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173491
Singalaeardan dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki
dan 8 siswa perempuan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil
belajar siswa dengan persen ketuntasan 23% dan pada siklus II diperoleh hasil
belajar siswa dengan persen ketuntasan 85% dan hasil observasi yang dilakukan
pengamat pada kegiatan guru dan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus
II, dengan kata lain setelah siklus II dilaksanakan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
mengerjakan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung bilangan di kelas IV
SD Negeri 173491 Singalaeardan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 260 |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Hitungan Bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:38 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21568 |