Hutagalung, Adriyanto (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS KELAS IV SD NEGERI 173444 PARBOTIHAN KECAMATAN ONAN GANJANG KABABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa rendah pada mata
pelajaran sains. Tujuan penelitian meningkatkan minat belajar Siswa pada
Pelajaran sains dengan pokok bahasan benda dan sifatnya dengan Menggunakan
Metode Demonstrasi di Kelas IV SD. Negeri 173444 Parbotihan.
Penelitian yang dilakukanadalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri 173444 Parbotihan T.P
2015/2016 yang berjumlah 30 orang terdiri 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang
siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan sebanyak 2 siklus.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan
refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa check-list
minat siswa dan angket yang berisikan pertanyaan tentang tanggapan-tanggapan
siswa terhadap pembelajaran. Instrument lembar observasi dalam penelitian ini
digunakan daftar check-list minat siswa. Minat belajar siswa pada siklus I dari
hasil angket ada 5 orang siswa (16,66%) yang minat belajarnya tinggi, dan ada 17
orang siswa (56,66%) yang minat sedang, dan ada 8 orang siswa (26,66%) yang
minatnya rendah. Minatbelajarsiswapadasiklus II darihasilangketada 27 orang
siswa (90.00%) yang minatbelajarnyatinggi, danada 3 orang siswa (10,00%) yang
minatbelajarnyasedang, danada 0 siswa (0%) yang minatbelajarnyarendah. Hasil
observasi siklus I pertemuan I siswa rata-rata 14,5% sedangkan pada siklus I
pertemuan II rata-ratanya 27,1% dan pada siklus II pertemuan I rata-ratanya
76,3% sedangkan pada siklus II pertemuan II rata-ratanya 90,4% .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains kelas IV
SD Negeri 173444 Parbotihan. Kec. Onan Ganjang Kab Humbang Hasundutan
pada pokok bahasan benda dan sifatnya pada tahun pelajaran 2015/2016.
Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode yang sesuai dlm penerapan
KegiatanBelajarMengajar (KBM), agar meningkatnya minat dan semangat belajar
yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 266 |
Keywords: | Sains; Hasil Belajar; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21566 |