Sianturi, Novita (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 173327 BAHALIMBALO KEC. PARANGINAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN. 173327 Bahalimbalo, jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan
meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa.
Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa daftar chek list. Subjek
dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN. 173327 Bahalimbalo T.P 2015/2016.
Dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang
perempuan.
Strategi pembelajaran inkuiri adalah suatu cara menyampaikan pelajaran
yang meletakkan dan mengembangkan cara berpikir ilmiah dimana siswa
mengasimilasi suatu konsep. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka
peneliti melakukan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah daftar chek list dengan indikator berikut ini: (a) aktif dalam pembelajaran,
(b) memahami pelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri, (c)
kemampuan siswa dalam melakukan penemuan, (d) interaksi siswa dengan siswa
dan siswa dengan guru, (e) dapat mengerjakan soal yang diberikan.
Hasil penelitian diperoleh jumlah skor pada kondisi awal yang tuntas 7
orang dengan persentase 29,17% dan 17 orang yang belum tuntas dengan
persentase 70,83%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas
meningkat menjadi 14 orang siswa dengan persentase 58,33% dan 10 orang siswa
belum tuntas dengan persentase 41,67%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil
yang semakin meningkat yaitu 22 orang siswa dengan persentase 91,67% yang
tuntas dan 2 orang siswa dengan persentase 8,33% yang belum tuntas.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA dengan
menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA
pada materi tumbuhan hijau di SD Negeri 173327 Bahalimbalo T.P 2015/2016.
Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis
yang diajukan yaitu penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tumbuhan hijau di kelas V SD
Negeri 173327 Bahalimbalo dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 309 |
Keywords: | Hasil Belajar; Tumbuhan Hijau; Sumber makanan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21561 |