Siburian, Lousiana Ebernzer (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173453 NAGURGURAN KEC. SIJAMAPOLANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA
siswa kelas V SD Negeri 173453 Nagurguran Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan
penelitian ini adalah “ untuk mengetahui bahwa melalui penerapan Metode
Demonstrasi dapat Menigkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri
173453 Nagurguran Semester I Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penilaian ini dilaksanakan di SD Negeri 173453 Nagurguran. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 20 orang, dan objek
penelitian ini adalah penerepan Metode Demonstrasi untuk Hasil Belajar IPA
siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu,
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik
analisis data dengan menggunakan reduksi data.
Banyak siswa yang diteliti yaitu 20 orang. Dari penelitian yang dilaksan
akan diperoleh hasil peningkatan belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil
penelititian pada Data tes awal (pre test) diproleh bahwa nilai rata-rata kelas 49
dan jumlah siswa yang tuntas hanya 5 orang siswa (25%) dan yang belum tuntas
15 orang (75%). Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan penerapan metode
demonstrasi diperoleh nilai rata-rata kelas 58, siswa yang tuntas 9 orang (45%)
dan belum tuntas 11 orang (55%) dan nilai observasi aktivitas siswa 45% dan nilai
observasi aktivitas siswa 77,08%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari
tes awal terlihat nilai rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan
siklus II dengan penerapan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata kelas
semakin meningkat yaitu 67, jumlah siswa yang tuntas juga semakin meningkat
yaitu 17 orang (85%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (15%), nilai observasi
aktivitas siswa meningkat mencapai 91,66%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan sifat benda kelas V SD
173453 Nagurguran Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 280 |
Keywords: | Hasil Belajar; IPA;Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21558 |