Sinambela, Linda Rosanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS IV SD NEGERI 173355 MARBUN KEC. BAKTIRAJA KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 173355 Baktiraja Kecamatan Baktiraja
Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains (IPA) pada materi sifat
benda di kelas IV dengan jumlah peserta didik 25 orang siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan
hasil belajar siswa didalam meningkatkan hasil belajar Sains dengan pokok
bahasan sifat benda.
Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil
belajar. Hasil belajar pada pre test nilai rata-rata kelas adalah 59,8 (44%) 11
orang siswa mencapai nilai ketuntasan 56% (14 orang siswa) tidak mencapai
nilai ketuntasan. Pada siklus 1, nilai rata-rata kelas adalah 63,6 dan 56% (14 orang
siswa) mencapai ketuntasan 44% (11 orang siswa) tidak mencapai nilai ketuntasan
serta nilai observasi kegiatan sebesar 72%. Pada siklus 2, nilai rata-rata kelas
adalah 80,4 dan 88% (23 orang siswa) mencapai nilai ketuntasan sedangkan 8% (2
orang siswa) tidak mencapai nilai ketuntasan serta nilai observasi kegiatan sebesar
88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 278 |
Keywords: | Kependidikan Guru;Kooperatif Tipe STAD; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:24 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21557 |