Siregar, Mianna Eventina (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL AND TEACHING LEARNING ( CTL ) DI KELAS V SD N 038093 SIBAGINDAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114522314021 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 114522314021 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 114522314021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 114522314021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 114522314021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 114522314021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 114522314021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM 114522314021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM 114522314021 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM 114522314021 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14 NIM 114522314021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diambil dalam permasalahan ini adalah rendahnya minat
belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Ini merupakan salah satu upaya yang
dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N 038093
Sibagindar dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Sebab model
pembelajaran CTL ini merupakan suatu konsep belajar yang membantu guru
mengkaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa
dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapan dalam kehidupan sehari–hari.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam
pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada siswa
kelas V SD Negeri 038093 Sibagindar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SD Negeri 038093 Sibagindar dengan jumlah 22 orang siswa. Alat
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,tes pilihan berganda
pada setiap siklus berlangsung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masingmasing
siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.
Sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu peneliti
melaksanakan pre test (tes awal). Berdasarkan hasil pre test menunjukan dari 22
orang siswa hanya 5 orang (23%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai
rata-rata 40,46 dan 17 orang (77%) siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I terdapat
sebanyak 10 orang (45%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata
58,18 dan 12 orang (55%) siswa yang tidak tuntas. Ini menunjukan terjadi
peningkatan dari tes sebelumnya. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil
belajar sebanyak 19 orang (86%) siswa dengan nilai rata-rata 77,72 dan 3 orang
(14%) siswa yang tidak tuntas. Jika dibandingkan pada siklus I ketuntasan belajar
siswa pada siklus II semakin meningkat. Dengan melihat nilai pada siklus II,
siswa telah mencapai ketuntasan yang klasikal sehingga tidak perlu melakukan
siklus berikutnya.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran
IPA siswa kelas V SD Negeri 038093 Sibagindar Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 211 |
Keywords: | IPA; Model Pembelajaran; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21556 |