Bancin, Asmah (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIKELAS IV SDN 036566 KUTA DELLENG KEC. TINADA PAKPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 114522314002 JUDUL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2 NIM. 114522314002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
3 NIM. 114522314002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4 NIM. 114522314002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM. 114522314002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6 NIM. 114522314002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7 NIM. 114522314002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8 NIM. 114522314002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9 NIM. 114522314002 BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13 NIM. 114522314002 BAB V.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
14 NIM. 114522314002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Medan 2016.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 036566
Kuta Delleng, dengan tujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran yang berkaitan dengan satuan berat. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 036566 Kuta Delleng pada tahun ajaran
2015/2016. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap
kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari guru kelas. Objek
penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran matematika pada materi satuan berat dengan menggunakan
model pembelajaran CTL.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan evaluasi/refleksi. Instrumen
penelitian berkaitan dengan materi satuan berat dengan menggunakan model
pembelajaran CTL dan tes, serta observasi.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas pada saat pree test dengan
tingkat ketuntasan belajar siswa hanya 15,4. Rata-rata ketuntasan belajar siswa ini
sangat rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata kelas
menjadi 42,3%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa meningkat lagi menjadi
88,5%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran CTL, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika yang berkaitan dengan satuan berat dikelas IV SD
Negeri 036566 Kuta Delleng Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 220 |
Keywords: | Motivasi; Model Pembealajaran; Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:15 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21555 |