Situmorang, Hervinta (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA KONGKRIT DI KELAS 1 SD NEGERI 174538 TIPANG KECAMATAN BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 174538 Tipang .Permasalahan
dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas 1 SD
Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016.Tujuan penelitian inii adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan
menerapkan pembelajaran matematika dengan metode alat peraga Kongkrit di
kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun pelajaran 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 174538 Tipang yang
berjumlah 20 Orang ,12 siswa perempuan dan 8 laki laki dan objek dalam
penelitian ini adalah penerapan metode alat peraga kongkrit untuk meningkatkn
hasil belajar siswa .penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang
terdiri dari 2 siklus ,dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan ,tindakan Observasi , dan refleksi . Adapun Teknik Analisis data
dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data , data diperoleh data tes
sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 25,93
% dengan rata-rata 49,63 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas
sebanyak 13 siswa atau 48,15 % dengan rata-rata nilai 59,26 meningkat pada
siklus II sebanyak 24 siswa atau 88,89 % dengan rata-rata nilai 68,89 atau
mengalami peningkatan sebesar 62,96 %.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode alat peraga konkret dapat
menigkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 174538 Tipang Tahun
Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 247 |
Keywords: | Alat Peraga; Mengoperasionalkan;Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:35 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21551 |