Saragih, Herti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA LIDI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173414 POLLUNG KEC. POLLUNG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Sd Negeri 173414 Pollung Kabupaten
Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan strategi pembelajaran dengan penggunaan media dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui : penggunaan media lidi dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 173414 Pollung
tahun pembelajaran 2015/2016. Adapun masalah yang di jumpai di sekolah yaitu
rendahnya hasil belajar siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173414 Pollung
tahun pembelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 20 orang.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian saat pre tes, nilai rata-rata siswa
47,00 dari 20 orang siwa, di mana 5 siswa (25%) yang memperoleh ketuntasan
dan 15 orang siswa( 75 %) yang belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 53,5 dimana 9 siswa (45 %) yang memperoleh ketuntasan
dan 11 siswa(55%) yang belum tuntas,nilai Observasi pengajaran 72,92% kategori
penilaian cukup dan nilai observasi siswa 75% kategori penilaian cukup secara
klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 71,50 dimana 17 orang
siswa (85%) memperoleh ketuntasa, 3 siswa (15%) yang belum tuntas, nilai
observasi pengajaran 91,67% kategori penilaian baik sekali dan nilai observasi
aktivitas siswa 89,58% kategori penilaian baik secara klasial. Dari peningkatan
ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat di simpulkan bahwa
penerapan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Implikasinya adalah penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa. oleh karena itu guru matematika di sarankan untuk
menggunakan media lidi supaya memperoleh asil belajar yag lebih tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 248 |
Keywords: | Mmedia; Belajar Mengajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:30 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21550 |