PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Rajagukguk, Ratna (2016) PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 173316 Paranginan. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn Siswa kelas IV SD
Negeri 173316 ParanginanTahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model STAD (Student
Team Achievement Devision)di kelas IV SD Negeri 173316 Paranginan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari 2 (dua) Siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 (empat) tahap yaitu :
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Adapun teknik analisis data
dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data.
Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata belajar siswa 53,55 dengan
jumlah siswa yang tuntas 15 orang (39. 48%) dan yang belum tuntas sebanyak 23
orang (60,52%).Setelah dilakukan penerapan Model STAD pada siklus I Nilai
rata-rata hasil belajar siswa meningkat 6,71 % dari nilai awal dengan siswa yang
tuntas sebanyak 27 orang (71, 06%) dan yang belum tuntas 11 orang
(28,94%).Pada siklus II nilai rata-rata belajar siswa 80,92. Siswa yang telah tuntas
37 orang (97,37%) dan yang belum tuntas 1 orang (2,63%). Jadi selisih
peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 20,66%.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model
STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 173316
Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD
Keywords: PKn; hasil Belajar; STAD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:26
Last Modified: 17 Nov 2016 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item
View Item