Rajagukguk, Ratna (2016) PENINGKATAH HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) DI KELAS IV SD NEGERI 173316 PARANGINAN KECAMATAN PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 173316 Paranginan. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn Siswa kelas IV SD
Negeri 173316 ParanginanTahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model STAD (Student
Team Achievement Devision)di kelas IV SD Negeri 173316 Paranginan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari 2 (dua) Siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 (empat) tahap yaitu :
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Adapun teknik analisis data
dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data.
Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata belajar siswa 53,55 dengan
jumlah siswa yang tuntas 15 orang (39. 48%) dan yang belum tuntas sebanyak 23
orang (60,52%).Setelah dilakukan penerapan Model STAD pada siklus I Nilai
rata-rata hasil belajar siswa meningkat 6,71 % dari nilai awal dengan siswa yang
tuntas sebanyak 27 orang (71, 06%) dan yang belum tuntas 11 orang
(28,94%).Pada siklus II nilai rata-rata belajar siswa 80,92. Siswa yang telah tuntas
37 orang (97,37%) dan yang belum tuntas 1 orang (2,63%). Jadi selisih
peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 20,66%.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model
STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 173316
Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD |
Keywords: | PKn; hasil Belajar; STAD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:26 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21549 |