Tampubolon, Nurlina Magdalena (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173314 NAGASARIBU KEC. LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173314 Nagasaribu, jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
pembelajaran Kooperatif Student Teams Acievement Division (STAD) dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model
pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 173314
Nagasaribu.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173314 Nagasaribu
dengan jumlah siswa 20 terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah
dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang
diperoleh siswa sebanyak 49,75 dari 20 siswa. Dimana 4 siswa (20%)
memperoleh ketuntasan dan 16 siswa (80%) yang belum tuntas. Pada siklus I ratarata
kelas siswa meningkat menjadi 65,00 dimana 11 siswa (55%) memperoleh
ketuntasan, 9 siswa (45%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa
71,42% kategori nilai baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata nilai siswa
meningkat menjadi 78,00 dimana 19 (95%) siswa memperoleh ketuntasan, 1
siswa (5%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 95% kategori
penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal
yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 243 |
Keywords: | Medel Pembelajaran; IPA; STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:04 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21544 |