UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 173469 BANUAREA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Marbun, Rina Derita (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 173469 BANUAREA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui
Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Pada Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD Negeri
173469 Banuarea.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173469 Banuarea Kecamatan
Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang
berjumlah 12 orang terdiri dari 9 orang perempuan dan 3 orang laki-laki dan
subjek penelitian ini adalah pembelajaran konstruktivisme.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang masingmasing
pertemuan 40 menit.
Dari hasil observasi siklus I pertemuan I dengan rata-rata 58,75.
Sedangkan pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 68,33, berarti ada
peningkatan motivasi belajar. Dari hasil observasi yang dilakukan menunjukkan
pada siklus I analisis pencapaian yang diperoleh siswa memang sudah meningkat,
namun belum mencapai rata-rata yang diharapkan, yang berarti masih dalam
kategori kurang baik. Pada siklus II, data hasil observasi siswa dan guru
mengalami peningkatan menjadi baik. Analisis yang diperoleh bahwa data hasil
observasi siklus II pertemuan I dengan rata-rata 74, 58, dan siklus II pertemuan II
80,41, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus III.
Hal ini berarti pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pokok bahasan wujud benda di kelas IV SDNegeri 173469
Banuarea. Dan pembelajaran konstruktivisme dapat digunakan sebagai alternatif
dalam pembelajaran Sains terkhusus pada pokok bahasan wujud benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 251
Keywords: Motivasi; Sains; Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:46
Last Modified: 17 Nov 2016 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item
View Item