Marbun, Rina Derita (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 173469 BANUAREA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui
Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Pada Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD Negeri
173469 Banuarea.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173469 Banuarea Kecamatan
Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang
berjumlah 12 orang terdiri dari 9 orang perempuan dan 3 orang laki-laki dan
subjek penelitian ini adalah pembelajaran konstruktivisme.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang masingmasing
pertemuan 40 menit.
Dari hasil observasi siklus I pertemuan I dengan rata-rata 58,75.
Sedangkan pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 68,33, berarti ada
peningkatan motivasi belajar. Dari hasil observasi yang dilakukan menunjukkan
pada siklus I analisis pencapaian yang diperoleh siswa memang sudah meningkat,
namun belum mencapai rata-rata yang diharapkan, yang berarti masih dalam
kategori kurang baik. Pada siklus II, data hasil observasi siswa dan guru
mengalami peningkatan menjadi baik. Analisis yang diperoleh bahwa data hasil
observasi siklus II pertemuan I dengan rata-rata 74, 58, dan siklus II pertemuan II
80,41, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus III.
Hal ini berarti pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pokok bahasan wujud benda di kelas IV SDNegeri 173469
Banuarea. Dan pembelajaran konstruktivisme dapat digunakan sebagai alternatif
dalam pembelajaran Sains terkhusus pada pokok bahasan wujud benda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 251 |
Keywords: | Motivasi; Sains; Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:46 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21541 |