Simanullang, Mentaria (2016) PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SD NEGERI 173444 ONAN GANJANG KEC. ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn di kelas IV SDNegeri 173444 Onan Ganjang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode karyawisata
pada pembelajaran Pkn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang, yang
terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian
ini adalah penggunaan metode karyawisata dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya adalah observasi terhadap
hasil belajar siswa dan observasi terhadap kegiatan mengajar guru. Hipotesis yang
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDNegeri173444
Onan Ganjang.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa
selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan
yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa
untuk tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai
62.50%, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 20.10% menjadi 82.60%.
hasil tersebut didapat dari nilai rata-rata indikator hasil belajar, yaitu adanya
hasrat dan keinginan berhasil (77,18%), adanya dorongan dan kebutuhan dalam
belajar (81.25%), adanya harapan dan cita-cita masa depan (92.29%), adanya
penghargaan dalam belajar (75.00%), adanya kegiatan yang menarik (83.43%),
serta adanya lingkungan belajar yang kondusif (86.56%). Selain hal tersebut
terjadinya pula perubahan hasil belajar pada diri siswa sebesar 45%, yaitu pada
siklus I terdapat 55% siswa yang berhasil dan pada siklus II menjadi 100% siswa
berhasil dalam belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
karyawisata pada pembelajaran PKntentang sistem pemerintahan desa dan
kelurahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 272 |
Keywords: | Hasil Belajar; Karyawisata; PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:36 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21539 |