Solin, Pismaet Krisman (2016) PENERAPAN METODE PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA KELAS V SD NEGERI 175786 SIAMBATON JULU KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan Hubungan Makanan
dan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan Hubungan Makanan dan Kesehatan di SD Negeri 175786
Siambaton Julu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan penerapan PAIKEM dalam mengajarkan IPA. Dan dilaksanakan
dengan 4 tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 175786
Siambaton Julu T.P. 2015/2016 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 13
orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan
penerapan PAIKEM di kelas V SDNegeri 175786 Siambaton Julu T.A 2015/
2016. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes yaitu pada post
test siklus I dan post-test siklus II. Kemudian tes dan observasi penelitian ini
dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam I kali
pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan
penggunaan penerapan PAIKEM mulai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II
diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu pada tes awal dengan jumlah
siswa sebanyak 22 orang dengan nilai persentase antara 36,36 % sampai 90,90 %
rata-rata 59,29% atau 5 orang siswa yang tuntas dalam belajar dipersentasikan
sebesar 22,73%. Kemudian siswa yang tidak tuntas dalam belajar pada saat tes
awal terdapat 17 orang siswa dipersentasikan sebesar 77,27%. Kemudian pada
siklus I diperoleh peningkatan yaitu 22 orang siswa dengan nilai persentase antara
40,90% sampai 90,90% rata-rata 63,55% atau 10 orang siswa yang tuntas dalam
belajar pada siklus I dan terdapat 12 orang siswa yang tidak tuntas dipersentasikan
sebesar 54,54%. Dari perolehan siklus I, masih ditindak lanjuti pada siklus II,
perolehan siklus II dari 22 orang siswa dengan nilai persentase antara 45,45%
sampai 95,95% rata-rata 80,90% atau 19 orang siswa tuntas dalam belajar
dipersentasikan sebesar 86,36% dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar
sebanyak 3 orang dipersentasikan sebesar 13,63 %.
Hasil diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Penerapan
PAIKEM siswa lebih semangat dalam belajar karena PAIKEM dapat menciptakan
pembelajaran lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dengan
demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan penerapan PAIKEM di kelas V
SDNegeri175786 Siambaton Julu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 255 |
Keywords: | Sains; Metode Paikem; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:13 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21534 |