Simangungsong, Rame (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDAMPINGAN DI TK ELSADDAY TITI PAPAN TAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
03 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
04 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
05 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
07 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
12 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13 NIM 1113313012 RAME SIMANGUNSONG - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
kemandirian anak usia 5-6 tahun melalui pendampingan yang dilakukan guru di Tk
Elshadday Titi Papan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pendampingan
terhadap peningkatan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Elsadday Titi Papan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
demikian penelitian dilakukan 2 siklus.
Adapun yang menjadi objk penelitian ini adalah seluruh anak TK Elsadday
Titi Papan, sedanglan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6
tahun di TK Elsadday Titi Papan yang berjumlah 23 orang.
Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan analisis persentase. Setelah dilakukan penelitian sebanyak dua siklus,
maka diperoleh hasil Penelitian siklus I pada pertemuan 1 nilai rata-rata 25,39 dan
pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 27,43. Pertemuan siklus I terdapat 1 orang anak
(4,35%) tergolong sangat baik, sebanyak 7 orang anak (30,43%) tergolong baik, dan
sebanyak 15 orang anak (65,22%) tergolong cukup. Sedangkan pada siklus II
pertemuan 1 nilai rata-rata menjadi 27,74 dan pertemuan ke 2 menjadi 31,61.
Dengan demikian, setelah dilakukan tindakan siklus II menunjukan adanya
perubahan kemampuan kemandirian anak dibandingkan pada siklus I, yaitu
banyaknya anak yang tergolong sangat baik meningkat menjadi 7 orang anak
(30,43%), sedangkan banyaknya anak yang tergolong baik meningkat menjadi 10
orang anak (43,48%), sedangkan anak tergolong cukup menurun atau berkurang
menjadi 6 orang anak (26,09%), dan tidak ada anak yang tergolong kurang baik.
Berdasarkan hasil penelitian siklus 1 dan 2 sebagaimana data di atas, maka
ditemukan bahwa pendampingan dapat meningkatkan kemandirian anak usia 5-6
tahun di TK Elsadday Titi Papan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 059 |
Keywords: | Kemandirian; Pendampingan;PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21530 |