Zulvi, Shella Mirnda (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101799 DELITUA KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111085. COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 1123111085. APPROVAL.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
3. NIM. 1123111085. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM. 1123111085. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 1123111085. TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 1123111085. ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 1123111085. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 1123111085. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM. 1123111085. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 1123111085. BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan
Model example non example di kelas IV SD Negeri 101799 Delitua Kab. Deli
Serdang T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah
dengan menggunakan model pembelajaran example non example dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV pada pelajaran IPS dengan
pokok bahasan Perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi
tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri 101799 Delitua di kelas IV pada semester genap T. A
2015/ 2016 dengan 28siswa. Terdiri dari 15 siswa laki- laki dan 13 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah
dengan menggunakan observasi motivasi belajr siswa dan angket pada awal dan
akhir siklus. Lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan
lembar observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal dan dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada tahap awal melalui
angket diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 36,42 dan ketuntasan klasikal
17,45%. Selanjutnya pada akhir siklus I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar
56,91 dan ketuntasan klasikal 21,42%. dan. Pada akhir siklus II nilai rata- rata
siswa sebesar 80,46 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,85%)
Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan dengan menggunakan
model pembelajaran example non example dapat meningkatkan motivasi belajar
IPS siswa di kelas IV SD Negeri 101799 Delitua Kab. Deli Serdang T. A 2015/
2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 196 |
Keywords: | Motivasi Belajar; IPS; Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:15 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21529 |