Berutu, Hesekiel (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) KELAS IV SD NEGERI 030425 SIMERPARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) NIM 114522314033 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
(2) NIM 114522314033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
(3) NIM 114522314033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
(4) NIM 114522314033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
(5) NIM 114522314033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
(6) NIM 114522314033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
(7) NIM 114522314033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
(8) NIM 114522314033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
(9) NIM 114522314033 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
(13) NIM 114522314033 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
(14) NIM 114522314033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan
kemampuan siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran matematika
dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas IV SD
Negeri 030425 Simerpara. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian
dengan menyajikan pokok bahasan pecahan dan pecahan senilai, selanjutmya
memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar mengajar yang
dilakukan guru.
Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 030425 Simerpara pada
semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian berjumlah 30 siswa.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas
dengan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa,
sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan
guru.
Setelah dilakukan analisa data diperoleh hasil penelitian bahwa
penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas
IV SD Negeri 030425 Simerpara Tahun Pelajaran 2015/2016 terbukti
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut diindikasikan
dari pencapaian rata-rata nilai pada saat tes 1 adalah 6,15 sedangkan pada saat tes
2 menjadi 8,06.
Sebelum dilaksanakan tindakan, hasil belajar siswa masih rendah dengan
ketuntasan belajar 10% (sebanyak 3 siswa yang tuntas) belum mencapai standar
ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yaitu 80%. Setelah dilakukan tindakan
pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar 70% (sebanyak 21 siswa yang
tuntas) yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar minimal
ketuntasan belajar. Hasil belajar pada siklus II sama dengan hasil belajar pada
siklus I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 227 |
Keywords: | Model Contectual Teaching; Matematika;Pemahaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 01:44 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21525 |