Hutagaol, Ricardo Meir (2004) PENGARUH MODEL PENGOLAHAN INFORMASI DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 11 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
025020155 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
025020155 -Abstrak.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
025020155 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
025020155 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
025020155 -Bab V.pdf - Published Version
Download (986kB) | Preview
025020155 -Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengolahan informasi terhadap hasil belajar fisika, mengetahui pengaruh kreativitas terhadap basil belajar fisika, dan mengetahui interaksi antara model pengolahan informasi dan kreativitas terhadap hasil belajar fisika siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Total populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 orang. Sedangkan sampel berjumlah 53 orang yang dijaring setelah dilakukan tes kreativitas. Dari analisis instrumen, untuk uji cobs instrumen dan 45 soal yang diujikan 33 soal memenuhi criteria valid dan 12 soal tidak valid dankoefisien reliabilitas tes diperoleh 0,85 Setelah soal diujikan kepada kelompokeksperimen, diperoleh reliabilitas tes 0,72. Se]anjutnya untuk tes kreativitas diperoleh koefisien reliabilitas 0,89. Untuk menguji hipotesis, hasil belajar yang digunakan adalah hasil belajar fisika siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan hasil belajar fisika siswa yang memiliki kreativitas rendah. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum Anava 2 jalur sah digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlet.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan TIM memiliki hasil belajar fisika yang lebih balk dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan ACM. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,143 > Ftabel = 4,04 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = 1,49). Siswa yang memiliki kreativitas tinggi memiliki hasil belajar fisika yang lebih balk dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 149,782 > Ftahel = 4,04 pada taraf signifikan a — 0,05 dengan dk = ( 1,49), dan terdapat interaksi antara pengolahan informasi dengan kreativitas terhadap hasil belajar fisika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 10,645 > Ftabei = 4,04 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,49).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.118 Hut p |
Keywords: | Pengolahan Informasi; Kreativitas; Hasil Belajar Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2152 |